HomeMotivasiKesuksesan Founder Bukubro Mendapat Beasiswa Wirausaha Sandiaga Uno

Kesuksesan Founder Bukubro Mendapat Beasiswa Wirausaha Sandiaga Uno

Motivasi 0 6 likes 994 views share

Bukubro.com merupakan situs e commerece yang bergerak di bidang ritel buku online. Bukubro menjual berbagai macam jenis buku, mulai dari novel, buku kuliah hingga buku-buku keagamaan. Toko bukubro bisa diakses melalui bukubro.com dan akun instagram @bukubro. Situs ini telah berdiri hampir 1,5 tahun.Orang dibalik layar lahirnya situs Bukubro.com adalah Barkah Aji Febriyanto, atau biasa dipanggil Barkah. Pria kelahiran di Banjarnegara 25 Februari 1995 ini  merupakan mahasiswa Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Filsafat angkatan 2014. Barkah mendirikan binis ini berawal dari keprihatinanya terhadap distribusi buku di Indonesia yang tidak merata. “contohnya saja didaerah asal Banjarnegara, tidak terdapat toko buku besar dan memadai disana” terangnya. Ia berharap Bukubro dapat menjadi media untuk mendistribusikan Buku keseluruh plosok Nusantara.

Konsistensi Barkah dalam menjalankan satu model bisnis selama 1,5 tahun mengantarkanya pada kesempatan mengikuti seleksi beasiswa Enterpreneur Development Scholarship for Youth (ENVOY) yang merupakan program beasiswa kewirausahaan yang diadakan oleh Mien R. Uno Fundation (MRUF). Salah satu beasiswa bergengsi bagi wirausahawan muda di Indonesia.

Proses seleksi berjalan cukup ketat, pendaftar awal berjumlah 2390 peserta yang harus melewati 4 tahap seleksi. Awalnya Barkah cukup minder melihat jumlah saingan yang begitu banyak. Namun dengan niat nothing to lose ia tetap menjalani seleksi demi seleksi. Akhirnya pada pengumuman seleksi terakhir, hanya terpilih 28 orang sebagai peserta resmi MRUF ENVOY VIII. 28 orang tersebut berasal dari 4 Regional yaitu Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya.

Tanggal  20 – 25 September 2016 merupakan Training pertama sekaligus acara pembuka MRUF Envoy VIII yang diadakan di Jakarta. “Banyak pengalaman menarik dan luar biasa yang saya rasakan selama program berlangsung. Sungguh menyenangkan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki satu passion” katanya. Barkah berharap kebersamaan di satu wadah beasiswa ini mampu merubah Indonesia menjadi lebih baik dikemudian hari. Lebih jauh ia juga berharap dapat meningkatkan soft skill serta kapasitas diri melalui program beasiswa ini.

Terkait visi kedepan terkait bukubro, barkah menceritakan akan berbenah demi meningkatkan kualias pelayanan. Serta akan menambah layanan Rental Buku serta Print On Demand (POD) yang bekerjasama dengan berbagai penerbit di Indonesia khususnya Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *